Taman Minimalis Modern di Belakang Rumah

July 29th, 2013 by Wayan Tulus Leave a reply »
taman mungil minimalis

taman mungil minimalis

Taman Minimalis Modern – Dulu rumah mungil jarang memiliki taman, apalagi yang indah, karena katanya akan membuat lahan jadi kelihatan lebih sempit dan sumpek. Ditambah lagi masyarakat yang memiliki rumah dengan lahan terbatas bingung, tanaman apa yang cocok ditanam di sana. Padahal, seperti sirkulasi udara, membuat taman tidak selalu memerlukan lahan yang luas.

Anggapan negatif itu sekarang telah terpatahkan dengan makin bermunculannya rumah-rumah mungil yang memiliki kebun atau taman yang ditata tidak kalah indah dengan taman yang dimiliki rumah besar di perumahan mewah. Lahan berukuran 2 x 3 meter saja kini bisa dijadikan taman yang indah dan sejuk. Tinggal bagaimana konsep taman yang ingin kita terapkan. Yang perlu kita ingat, jangan batasi ide menata taman hanya pada tanaman. Untuk sebuah taman minimalis modern yang biasanya berada di lahan sempit, tak sembarang tanaman dan ornamen pantas diletakkan di sana.

Lahan 2 – 6 meter persegi bisa dijadikan taman. Pemilik rumah menginginkan taman minimalis ini bisa ditata seoptimal mungkin. Taman minimalis modern sebaiknya menonjolkan aksen natural dengan material yang tidak terlalu banyak, terutama jika bangunan rumah memiliki jendela berukuran besar. Selain itu, aspek kesehatan dan kenyamanan penghuni rumah sangat perlu diperhatikan ketika membuat taman minimalis. Hunian minimalis yang sempit tentu sangat membutuhkan pasokan oksigen. Nah, kebutuhan oksigen dapat diperoleh dari proses fotosintesis tanaman hijau. Karena itu, perbanyak tanaman hijau di taman minimalis.

taman minimalis belakang rumah

taman minimalis belakang rumah

Oksigen bisa juga diperoleh dari unsur air. Karena itu, menghadirkan kolam plus air terjun atau pancuran merupakan langkah yang tepat.

Membuat taman tidak selalu identik dengan tanaman yang banyak dan rimbun. Membuat kolam pun bisa menjadi konsep menarik. Kolam yang cocok untuk lahan sempit bentuknya harus memanjang dan tidak melebar. Kolam yang melebar membuat taman terkesan kurang luas.

Di sekeliling kolam, kita dapat meletakkan berbagai jenis tanaman dengan berbagai warna dan ukuran. Mengingat lahan yang tak luas, kita bisa menempatkan tanaman-tanaman tersebut dalam pot. Selain tidak memakan banyak lahan, penggunaan pot juga lebih praktis untuk dipindah-pindahkan.

Untuk menutupi permukaan tanah, kita bisa menggunakan rumput. Bisa juga dengan sekadar menebarkan batu. Kita bisa memilih batu koral atau batu bronjol putih. Agar tampilan kolam makin cantik, bisa juga dengan menambahkan berbagai aksesori taman atau ornamen pancuran yang berdesain lucu dan unik.

Taman mungil minimalis boleh diberi ornamen-ornamen dan detail yang biasa dipakai oleh rumah-rumah besar. Ornamen seperti patung taman, lampu taman, kursi, bahkan jalan setapak, juga bisa diterapkan di taman mungil. Tentu saja desain, ukuran, dan penataannya berbeda dengan ornamen rumah besar. Ornamen yang kita pilih harus mungil, tidak terlalu besar, terlalu panjang, atau terlalu lebar, sehingga masih punya space untuk meletakkan ornamen lain tanpa terkesan penuh.

desain taman minimalis modern

desain taman minimalis modern

Untuk membuat taman minimalis modern, ada beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan. Bangunan gaya minimalis umumnya bertingkat dengan bentuk kotak atau geometris. Bentuk ini menyembulkan kesan tegas dan kaku. Nah, kehadiran taman diharapkan bisa mengurangi kesan kaku tersebut.

Sumber: Balipost.com

NB:
Bagi Anda yang ingin membangun rumah minimalis di daerah Bali bisa menghubungi:

I WAYAN TULUS ARSANA, ST
HP: 087861575969 (XL)
HP: 082146353335 (SIMPATI)
PIN BB: 27F3E7C6

Harga borongan Rp. 3.000.000 /m2

Spesifikasi:

  • Pondasi: Batu kali
  • Tembok : Batako
  • Rangka atap : Baja ringan
  • Atap : Genteng pres mini ex Pejaten
  • Kusen : Jati open
  • Lantai ruangan : Keramik Platinum
  • Keramik kamar mandi: Asia tile
  • Closet duduk : Toto
  • GRATIS desain dan pengurusan IMB

Informasi Terkait:

Tags:

taman minimalis, taman rumah minimalis, taman minimalis depan rumah, gambar taman minimalis, model taman minimalis, taman belakang rumah, taman minimalis belakang rumah, taman minimalis modern, taman minimalis dalam rumah, taman belakang rumah minimalis

Comments

comments




Advertisement

Obat Penyakit Jantung Koroner
Divonis pasang ring di jantung??
Inilah cara mengobati penyakit jantung koroner.

Cara Mengobati Penyakit Diabetes
Ternyata diabetes bisa diobati!!!
Baca kesaksian penderita diabetes yang sudah sembuh.

Pengobatan Herbal Kanker Payudara
Kanker payudara sembuh secara herbal.
Produk herbal untuk pengobatan kanker payudara.

Cara Menurunkan Berat Badan
Badan gemuk dan perut buncit??
XAM SLIM Program turun berat badan alami tanpa efek samping.

8 comments

  1. Wah ide bagus ini. kebetulan saya lagi cari ide untuk menghias taman belakang rumah

  2. Walaupun halaman sempit tapi masih bisa dibangun taman model minimalis modern. Artikel ini kudu dibaca buat yang hobi bikin taman di rumah, biar bisa dapet inspirasi dan ide-ide baru.

  3. Waaaaaaaaahhh,,,, Maanntaaaaff,,, Keren abis pokoknya,, mau juga’ buat taman seperti itu :)
    Salam – http://www.lukisanminimalismurah.com

  4. Artikelnya bagus buangat pak, izin copas ya,,,

    Thanks,
    Elang

  5. yona sufrita says:

    pengen dech buat taman yg ada kolam ikan hiasnya, jadi nggak perlu pake aquarium lagi di dalam rumah

  6. Taman says:

    wah…desain taman minimalis modernnya bagus banget gan,hmmm jadi ingin punya taman belakang rumah seperti itu.hehehe….salam kenal gan :)

  7. ade sud says:

    wow…….. bagus pernak perniknya sederhana dan tertata rapi

  8. dhisthanthra says:

    waaaah…. terima kasih atas ide
    nya…. sangat bermanfaat untuk saya

Leave a Reply

 
Posts Protect Plugin by http://blog.muffs.ru