Pengertian, Manfaat dan Macam-Macam Imunisasi

April 21st, 2013 by Wayan Tulus Leave a reply »
imunisasi pada bayi

imunisasi pada bayi

Pengertian Imunisasi – Dalam situasi ekonomi dan kesehatan negara saat ini pencegahan primer merupakan cara yang terbaik sebagai prioritas dalam memperbaiki kesehatan anak. Salah satu cara yang terbaik adalah imunisasi. Imunisasi merupakan alternatif yang paling efektif dan efisien dilihat dari sudut ekonomi untuk dilaksanakan secara nasional dalam rangka mencegah berbagai penyakit infeksi di masyarakat.

Upaya pencegahan penyakit melalui imunisasi telah diakui keberhasilannya. Walaupun demikian, apabila cakupan imunisasi tidak dipertahankan tetap tinggi maka wabah penyakit akan menjadi ancaman. Mengingat pemberian antibiotika yang tidak menyelesaikan semua masalah penyakit infeksi, maka lebih bijak apabila kita dapat mencegah terjangkitnya penyakit.

Manfaat imunisasi dapat dirasakan dalam tiga kategori yaitu secara individu, sosial, dan dalam menunjang sistem kesehatan nasional. Singkatnya, apabila seorang anak telah mendapatkan imunisasi maka akan bisa terhindar dari penyakit infeksi yang ganas. Makin banyak anak yang mendapat imunisasi, maka akan terjadi penurunan pada angka kesakitan dan kematian. Kekebalan individu ini akan mengakibatkan pemutusan rantai penularan penyakit dari anak ke anak lain atau kepada orang dewasa yang hidup bersamanya. Inilah yang disebut keuntungan sosial, karena dalam hal ini anak yang tidak diimunisasi akan juga terlindung (kekebalan komunitas).

Menurunnya angka kesakitan akan menurunkan pula biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit, mencegah kematian dan kecacatan yang dapat terjadi yang akan menjadi beban seumur hidup. Dengan mencegah seorang anak dari penyakit infeksi, berarti akan meningkatkan kualitas hidup anak dan meningkatkan daya produktivitasnya kelak.

Macam-Macam Imunisasi

Berikut ini adalah 5 jenis imunisasi dasar yang harus wajib diberikan, yaitu:

1. Imunisasi BCG

Imunisasi BCG akan memberikan ketahanan terhadap penyakit TBC (Tuberkulosis) berkaitan dengan keberadaan virus tubercel bacili yang hidup di dalam darah. Itulah mengapa, agar memiliki kekebalan aktif, dimasukkanlah jenis basil tak berbahaya ke dalam tubuh, alias vaksinasi BCG (Bacillus Calmette Guerin).

2. Imunisasi Campak

Pemberian imunisasi campak adalah cara pencegahan penyakit campak yang paling efektif. Meskipun campak hanya menulari satu kali seumur hidup. Namun penyakit ini sangat berbahaya, karena dapat menimbulkan kematian. Penyakit campak yang bisa menyebabkan kematian yaitu apabila telah terjadi komplikasi, misalnya radang paru-paru dan radang otak. Bagi anak yang daya tahan tubuhnya sangat baik, bisa tidak pernah tertular penyakit campak.

3. Imunisasi Hepatitis B

Imunisasi Hepatitis B diberikan tiga kali. Yang pertama dalam waktu 12 jam setelah lahir. Imunisasi ini dilanjutkan saat bayi berumur 1 bulan, kemudian diberikan lagi saat 3-6 bulan.

4. Imunisasi Polio

Imunisasi yang satu ini belakangan sering didengung-dengungkan pemerintah karena telah memakan korban cukup banyak. Target pemerintah membebaskan anak-anak Indonesia dari penyakit polio. Polio-0 diberikan saat kunjungan pertama setelah lahir. Selanjutnya vaksin ini diberikan 3 kali, saat bayi berumur 2, 4, dan 6 bulan. Pemberian vaksin ini dulang pada usia 18 bulan dan 5 tahun.

5. Imunisasi DTP

Imunisasi DTP diberikan untuk mencegah tiga macam penyakit sekaligus, yaitu Difteri, Tetanus, dan Pertusis. Vaksin ini diberikan pertama kali saat bayi berumur lebih dari enam minggu. Lalu saat bayi berumur 4 dan 6 bulan. Ulangan DTP diberikan umur 18 bulan dan 5 tahun. Pada anak umur 12 tahun, imunisasi ini diberikan lagi dalam program BIAS SD kelas VI.

Mungkin anda tertarik dengan informasi Penyakit Lupus.

Tags:

manfaat imunisasi, pengertian imunisasi, tujuan imunisasi, pengertian imunisasi campak, definisi imunisasi, imunisasi polio, pengertian imunisasi polio, cara pemberian imunisasi, macam-macam imunisasi, manfaat imunisasi dpt

Comments

comments




Advertisement

Obat Penyakit Jantung Koroner
Divonis pasang ring di jantung??
Inilah cara mengobati penyakit jantung koroner.

Cara Mengobati Penyakit Diabetes
Ternyata diabetes bisa diobati!!!
Baca kesaksian penderita diabetes yang sudah sembuh.

Pengobatan Herbal Kanker Payudara
Kanker payudara sembuh secara herbal.
Produk herbal untuk pengobatan kanker payudara.

Cara Menurunkan Berat Badan
Badan gemuk dan perut buncit??
XAM SLIM Program turun berat badan alami tanpa efek samping.

Leave a Reply

 
Posts Protect Plugin by http://blog.muffs.ru