Kolesterol Jahat dan Baik

September 21st, 2013 by Wayan Tulus Leave a reply »
Kolesterol Jahat dan Baik

Kolesterol Jahat dan Baik

Kolesterol Jahat dan Baik – Mendengar kata kolesterol, yang terbayang oleh kita adalah zat yang jahat. Padahal, kolesterol itu dibutuhkan tubuh dan terdapat dalam lemak. Unsur-unsur lemak darah terdiri atas HDL, LDL, trigliserida, fosfolipid, dan asam lemak bebas. Sekitar 75-80% dari kolesterol itu diproduksi sendiri oleh sel lever, dan 20-25% berasal dari makanan.

Dalam tubuh, terdapat 5 jenis kolesterol: HDL, LDL, VLDL, trigliserida, dan lipoprotein(a). Mari kita bahas satu persatu.

HDL atau high density lipoprotein adalah senyawa yang bergerak mengikuti aliran darah. Sambil bergerak, ia membawa kolesterol jahat yang menempel di dinding pembuluh ke dalam hati, lalu dikeluarkan dari tubuh. Karena itu ia disebut kolesterol baik.

LDL atau low density lipoprotein adalah senyawa pengangkut kolesterol dari hati ke seluruh tubuh. Jika berlebih, ia akan beredar dalam darah dan tertimbun di dinding pembuluh darah. Ini mengakibatkan terganggunya aliran darah sehingga berisiko pada munculnya penyakit jantung. Itulah sebabnya ia disebut koleterol jahat. Steinberg, peneliti kesehatan Barat, pada 1991 menyatakan, tingginya LDL bisa menyebabkan terjadinya aterosklerosis. Semakin tinggi LDL, semakin banyak ia terinfiltrasi ke dalam arteri. Terjadilah penumpukan LDL pada pembuluh tersebut. Bila ini dibiarkan, tak mustahil terjadi serangan jantung koroner, meski hal ini banyak terjadi pada pria lanjut usia dan gemuk. Pendapat ini diperkuat Prof. Dr. dr. Dede Kusmana, Sp. J. dari Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

VLDL atau very low density lipoprotein merupakan partikel-partikel besar lemak yang terbentuk dari siklomikron dan asam lemak. Fungsinya memindahkan lemak dan sebagai sumber energi.

Berikutnya, trigliserida. Ini adalah lemak yang diproduksi hati. Pada nutrisi manusia, lebih dari 95% lemak untuk pencernaan berada dalam bentuk trigliserida. Kadar trigliserida tinggi disebabkan kebiasaan makan malam dengan porsi banyak. Dan meningkatnya trigliserida bisa jadi disebabkan kelebihan karbohidrat atau lipid. Akibatnya, terjadi penumpukan pada pembuluh darah. Tentu metabolisme akan terganggu. Inilah yang membuat badan pegal, dingin, lemas, dan kepala sakit. Dan ini juga bisa mengakibatkan munculnya berbagai gejala penyakit lain, seperti diabetes, hipertensi, dan gangguan jantung.

Sedangkan lipoprotein (a) adalah bentuk lain dari lemak yang berkaitan dengan aterosklerosis dan berbagai penyakit jantung koroner. Senyawa ini lebih banyak terkait dengan gen ketimbang makanan, sehingga faktor genetiklah yang berperan dalam meningkatkan kadarnya.

Setelah mengulas 5 jenis kolesterol, yang perlu di perhatikan adalah 3 jenis kolesterol.

Tabel Klasifikasi LDL dan HDL Kolesterol, Total Kolesterol dan Trigliserida

 

LDL (“Kolesterol jahat”)
Kurang dari 100 Optimal
100-129 Mendekati optimal
130-159 Batas normal tertinggi
160-189 Tinggi
Lebih dari 190 Sangat tinggi
HDL (“Kolesterol Baik”)
Kurang dari 40 Rendah
Lebih dari 60 Tinggi
Total cholesterol (TC)
Kurang dari 200 Yang diperlukan
200-239 Batas normal tertinggi
Lebih dari 240 Tinggi
Trigliserida (TGA)
Kurang dari 150 Normal
150-199 Batas normal tertinggi
200-499 Tinggi
Sama atau lebih dari 500 Sangat tinggi

Supaya kolesterol tak menimbulkan bencana, yang perlu dilakukan adalah menurunkan kadar LDL dan trigliserida, serta meningkatkan HDL. Tapi, bagaimana caranya? Dengan mengkonsumsi Antioksidan dalam jumlah yang banyak maka bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Antioksidan ini dapat kita peroleh di buah-buahan. Dan dari hasil penelitian para pakar bahwa Antioksidan tertinggi terdapat dalam kulit buah manggis dan sering dibilang Super Antioksidan karena jauh melebihi buah-buahan yang lain.

XAMthone Plus Jus Kulit Manggis

XAMthone Plus Jus Kulit Manggis

Beruntungnya lagi saat ini sudah ada produk jus kulit manggis yang siap minum yaitu XAMthone Plus yang di produksi oleh PT UFO BKB Syariah Jakarta. Produk asli Indonesia ini sudah di produksi sejak tahun 2008. Dengan mengkonsumsi 30ml XAMthone Plus sama artinya kita makan 10 kg apel.

Selain jus kulit manggis  kita bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dengan mengkonsumsi Teh Murbei (A2). Kandungan zat dalam teh daun murbei ini akan memperkuat kerja ginjal yang bersifat detox mengeluarkan racun yang ada di tubuh. Kolesterol jahat ini dianggap racun dan akan disaring di ginjal dan dikeluarkan melalui air kencing.

Itulah sekilas mengenai kolesterol jahat dan kolesterol baik dan bagaimana cara penanganannya secara herbal. Untuk memperoleh kedua produk diatas anda bisa menghubungi website owner ini:

I WAYAN TULUS ARSANA
HP:  087861575969 (XL)
HP: 082146353335 (SIMPATI)
PIN BB: 27F3E7C6




Advertisement

Obat Penyakit Jantung Koroner
Divonis pasang ring di jantung??
Inilah cara mengobati penyakit jantung koroner.

Cara Mengobati Penyakit Diabetes
Ternyata diabetes bisa diobati!!!
Baca kesaksian penderita diabetes yang sudah sembuh.

Pengobatan Herbal Kanker Payudara
Kanker payudara sembuh secara herbal.
Produk herbal untuk pengobatan kanker payudara.

Cara Menurunkan Berat Badan
Badan gemuk dan perut buncit??
XAM SLIM Program turun berat badan alami tanpa efek samping.

Leave a Reply

 

Posts Protect Plugin by http://blog.muffs.ru