Gejala, Penyebab dan Pengobatan Penyakit Usus Buntu

November 26th, 2013 by Wayan Tulus Leave a reply »
penyakit usus buntu

penyakit usus buntu

Usus buntu bahasa Latinnya Appendix vermiformis. Organ ini ditemukan pada manusia, mamalia, burung, dan beberapa jenis reptil. Pada awalnya organ ini dianggap sebagai organ tambahan yang tidak mempunyai fungsi, tetapi saat ini diketahui bahwa fungsi appendiks adalah sebagai organ imunologik dan secara aktif berperan dalam sekresi immunoglobulin (suatu kekebalan tubuh) yang memiliki/berisi kelenjar limfoid.

Seperti organ-organ tubuh yang lain, appendiks atau usus buntu ini dapat mengalami kerusakan ataupun gangguan serangan penyakit. Hal ini yang sering kali kita kenal dengan nama penyakit usus buntu (appendicitis).

Meski demikian usus buntu ini punya fungsi sebagai rumah bakteri baik, jika bakteri baik dalam tubuh terjaga maka kekebalan tubuh juga akan terjaga.

Gejala usus buntu utamanya adalah sakit di bagian perut. Lokasi nyeri yang muncul mungkin akan bervariasi, hal ini tergantung pada usia dan posisi usus buntu. Pada anak kecil atau perempuan hamil, sakit yang muncul mungkin berada di tempat berbeda. Kadang ketika perut sakit orang jarang yang berpikir itu usus buntu, tapi lebih banyak menduga maag.

Appendicitis terjadi ketika appendix, telah meradang dan membuatnya rentan pecah. Ini termasuk darurat medis serius. Operasi dilakukan untuk penyembuhan radang usus yang membengkak, operasi ini membutuhkan perawatan terlebih dalu kira-kira 3 bulan yang tentunya akan sangat memakan banyak biaya.

Bila terjadi gejala usus buntu dalam waktu tiga hari berturut-turut, penderita harap segera menghubungi dokter atau datang ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis sehingga bisa langsung dioperasi. Jika gejala usus buntu dibiarkan lebih dari satu minggu, maka perawatan medis serius sangat diperlukan untuk meredakan radang usus yang terjadi sebelum penderita melakukan operasi penyembuhan.

Penyebab Usus Buntu

Penyakit radang usus buntu ini umumnya disebabkan infeksi bakteri. Tapi faktor pencetusnya ada beberapa kemungkinan yang sampai sekarang belum dapat diketahui secara pasti. Di antaranya faktor penyumbatan (obstruksi) pada lapisan saluran (lumen) appendiks oleh timbunan tinja/feces yang keras (fekalit), hyperplasia (pembesaran) jaringan limfoid, penyakit cacing, parasit, benda asing dalam tubuh, cancer primer dan striktur.

Di antara beberapa faktor di atas, maka yang paling sering ditemukan dan kuat dugaannya sebagai penyebab adalah faktor penyumbatan oleh tinja/feces dan hyperplasia jaringan limfoid. Penyumbatan atau pembesaran inilah yang menjadi media bagi bakteri untuk berkembang biak.

Perlu diketahui, dalam tinja/feces manusia sangat mungkin sekali telah tercemari oleh bakteri/kuman Escherichia Coli, inilah yang sering kali mengakibatkan infeksi yang berakibat pada peradangan usus buntu.

Begitu pula terjadinya pengerasan tinja/feces (konstipasi) dalam waktu lama sangat mungkin ada bagiannya yang terselip masuk ke saluran appendiks yang pada akhirnya menjadi media kuman/bakteri bersarang dan berkembang biak sebagai infeksi yang menimbulkan peradangan usus buntu tersebut. Seseorang yang mengalami penyakit cacing (cacingan), apabila cacing yang ada dalam usus besar lalu tersasar memasuki usus buntu maka dapat menimbulkan penyakit radang usus buntu.

Tanda-tanda Gangguan Usus Buntu

  • Rasa sakit yang dimulai di sekitar pusar dan sering juga di bagian bawah kanan perut.
  • Rasa sakit akan semakin terasa selama beberapa jam.
  • Rasa sakit akan semakin timbul jika daerah perut bagian kanan bawah ditekan dan kemudian tekanan dengan cepat dilepaskan.
  • Nyeri yang memburuk ketika sedang batuk, berjalan atau melakukan gerakan lain yang mengguncang tubuh.
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual dan muntah karena adanya hambatan pada usus
  • Demam
  • Sembelit
  • Ketidakmampuan untuk membuang gas
  • Diare
  • Perut yang terlihat membengkak

Sumber: Balipost.com

Cara Mengobati Usus Buntu

Untuk pengobatan penyakit usus buntu secara herbal alami yang paling efisien anda bisa mencoba kombinasi jus kulit manggis XAMthone Plus dan madu kunyit putih (B5). Semuanya adalah satu produksi yaitu PT UFO BKB Syariah. Sesuai hasil penelitian di dalam kulit manggis itu terdapat Xanthone yaitu zat antibakteri yang bisa membasmi bakteri penyebab usus buntu. Agar lebih efektif dikombinasikan dengan madu kunyit putih khusus untuk membantu menyembuhkan peradangan di pencernaan. Aturan minumnya yaitu kalau XAMthone Plus konsumsi 30ml pagi dan malam. Kalau madu kunyit putihnya diminum 2 sdm setiap 3 jam. Harga XAMthone Plus Rp. 230.000 dan madu kunyit putih Rp. 65.000 (Sumatera, Jawa, Bali).
Untuk pemesanan XAMthone Plus silahkan hubungi:

I WAYAN TULUS ARSANA
HP: 087861575969 (XL)
HP: 082146353335 (SIMPATI)
PIN BB: 27F3E7C6

Tags:

penyebab penyakit usus buntu, gejala awal usus buntu, biaya operasi usus buntu, Gejala Penyakit Usus Buntu, tanda tanda usus buntu, gejala usus buntu dan pengobatannya, penyebab usus buntu, tanda2 usus buntu, Tanda-tanda usus buntu, penyebab sakit usus buntu

Comments

comments




Advertisement

Obat Penyakit Jantung Koroner
Divonis pasang ring di jantung??
Inilah cara mengobati penyakit jantung koroner.

Cara Mengobati Penyakit Diabetes
Ternyata diabetes bisa diobati!!!
Baca kesaksian penderita diabetes yang sudah sembuh.

Pengobatan Herbal Kanker Payudara
Kanker payudara sembuh secara herbal.
Produk herbal untuk pengobatan kanker payudara.

Cara Menurunkan Berat Badan
Badan gemuk dan perut buncit??
XAM SLIM Program turun berat badan alami tanpa efek samping.

Leave a Reply

 
Posts Protect Plugin by http://blog.muffs.ru