Gejala, Penyebab dan Pencegahan Kanker Serviks (Kanker Leher Rahim)

September 19th, 2013 by Wayan Tulus Leave a reply »
Kanker Serviks (Kanker Leher Rahim)

Kanker Serviks (Kanker Leher Rahim)

Gejala Kanker Serviks – Kanker serviks atau kanker leher rahim (sering juga disebut kanker mulut rahim) merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak terjadi bagi wanita.

Fakta menunjukkan bahwa jutaan wanita di dunia terinfeksi Human Pappilomavirus (HPV). WHO menyatakan, infeksi ini merupakan faktor risiko utama kanker leher rahim. Setiap tahun, ratusan ribu kasus HPV terdiagnosis di dunia dan ribuan wanita meninggal karena kanker serviks, yang disebabkan oleh infeksi itu. Mengingat fakta yang mengerikan ini, maka berbagai tindakan pencegahan dan pengobatan telah dibuat untuk mengatasi kanker serviks atau kanker leher rahim.

Penyebab dan Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks menyerang daerah leher rahim atau serviks yang disebabkan infeksi virus HPV (human papillomavirus). HPV akan menimbulkan kutil. Kanker serviks bisa terjadi jika terjadi infeksi HPV yang tidak kunjung sembuh. Selain itu, jika kekebalan tubuh menurun maka infeksi HPV akan mengganas. Gejalanya tidak terlalu kelihatan pada stadium dini, itulah sebabnya kanker serviks dianggap sebagai “The Silent Killer”.

Keputihan atau mengeluarkan sedikit darah setelah melakukan hubungan intim adalah sedikit tanda gejala dari kanker ini. Selain itu, adanya cairan kekuningan yang berbau di area genital juga bisa menjadi petunjuk infeksi HPV. Virus ini dapat menular dari seorang penderita kepada orang lain dan menginfeksi orang tersebut. Penularannya dapat melalui kontak langsung dan karena hubungan seks.

Wanita yngg berisiko menderita kanker serviks adalah wanita yang aktif berhubungan seks sejak usia sangat dini, yang sering berganti pasangan seks, atau yang berhubungan seks dengan pria yang suka berganti pasangan. Faktor penyebab lainnya adalah berasal dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit kanker.

Deteksi Dini Kanker Serviks

Deteksi dini terhadap infeksi HPV dan kanker serviks dapat dilakukan melalui pemeriksaan seperti:

IVA, merupakan singkatan dari Inspeksi Visual dengan Asam asetat. Pemeriksaan ini dengan mengoles serviks atau leher rahim dengan asam asetat. Kemudian diamati apakah ada kelainan seperti area berwarna putih. Jika tidak ada perubahan warna, maka dapat dianggap tidak ada infeksi pada serviks. Jika terlihat tanda yang mencurigakan, maka cara mendeteksi kanker serviks lainnya yang lebih lanjut harus dilakukan.

Pap smear, metode tes pap smear menggunakan pengerik atau sikat untuk mengambil sedikit sampel sel-sel serviks atau leher rahim. Kemudian sel-sel tersebut dianalisa di laboratorium. Tes itu dapat menyingkapkan apakah ada infeksi, radang, atau sel-sel abnormal.

Kolposkopi, dilakukan dengan menggunakan alat yang dilengkapi lensa pembesar untuk mengamati bagian yang terinfeksi. Tujuannya untuk menentukan apakah ada lesi atau jaringan yang tidak normal pada serviks atau leher rahim.

Pencegahan Kanker Serviks

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itu, bagaimana cara mencegah terinfeksi HPV dan kanker serviks? Beberapa cara praktis yang dapat Anda lakukan sebagai pencegahan, antara lain:

  • Miliki pola makan sehat, yang kaya dengan sayuran, buah dan sereal untuk merangsang serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Hindari merokok. Banyak bukti menunjukkan penggunaan tembakau dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks.
  • Hindari seks sebelum menikah atau di usia sangat muda atau belasan tahun.
  • Hindari berhubungan seks dengan banyak partner.
  • Secara rutin menjalani tes pap smear secara teratur. Menurut laporan sedunia, dengan secara teratur melakukan tes pap smear telah mengurangi angka kejadian kanker serviks.
  • Alternatif tes pap smear yaitu tes IVA dengan biaya yang lebih murah dari pap smear. Tujuannya untuk deteksi dini terhadap infeksi HPV.
  • Pemberian vaksin atau vaksinasi HPV untuk mencegah terinfeksi HPV.
  • Melakukan pembersihan organ intim atau dikenal dengan istilah vagina toilet

Kanker serviks bisa dicegah dan bisa diobati. Deteksi sejak dini dan rutin melakukan pap smear akan memperkecil risiko terkena kanker serviks. Ubah gaya hidup termasuk pola makan Anda agar terhindar dari penyakit yang membunuh banyak wanita di dunia ini. Dengan demikian, maka kesehatan serviks atau leher rahim lebih terjamin. Dengan penanganan yang tepat, kanker serviks bukanlah sesuatu yang menakutkan.

Oleh Dr. I Made Brammartha Kusuma, S.Ked. – Balipost.com

Pengobatan Kanker Serviks

XAMthone Plus Jus Kulit Manggis

XAMthone Plus Jus Kulit Manggis

Kabar gembira bagi para penderita kanker serviks karena saat ini telah ada obat herbal yang terbukti bisa menyembuhkan kanker serviks yaitu jus manggis Xamthone Plus. Dari berbagai penelitian membuktikan bahwa di dalam kulit manggis terdapat zat yang bernama Xanthones yang mempunyai sifat ANTIKANKER yang nantinya bisa membunuh sel kanker dengan cara bunuh diri sel. Sudah banyak yang sudah membuktikan khasiat dari XAMthone Plus untuk pengobatan kanker serviks. Untuk pengobatan yang lebih efektif inilah kombinasi obat herbal untuk mengobati kanker serviks:

  • XAMthone Plus dosis 3 kali sehari 30ml (Harga 230.000 perbotol 350ml)
  • Madu Kunyit Putih dosis 3 kali sehari 3 sendok makan (Harga 65.000 perbotol 150ml)
  • Teh Murbei 3 kali sehari 1 sachet (Harga 50.000 perkotak isi 15 sachet)

Untuk konsultasi dan pemesanan produk silahkan menghubungi Agen UFO:

I WAYAN TULUS ARSANA
HP: 087861575969 (XL)
HP: 082146353335 (SIMPATI)
PIN BB: 27F3E7C6

Tags:

Patofisiologi kanker serviks, askep kanker serviks, patofisiologi ca serviks, askep ca serviks, ca cervix, kanker serviks ppt, askep kanker servik, patofisiologi kanker servik, askep ca servik, ASKEP CA CERVIX

Comments

comments




Advertisement

Obat Penyakit Jantung Koroner
Divonis pasang ring di jantung??
Inilah cara mengobati penyakit jantung koroner.

Cara Mengobati Penyakit Diabetes
Ternyata diabetes bisa diobati!!!
Baca kesaksian penderita diabetes yang sudah sembuh.

Pengobatan Herbal Kanker Payudara
Kanker payudara sembuh secara herbal.
Produk herbal untuk pengobatan kanker payudara.

Cara Menurunkan Berat Badan
Badan gemuk dan perut buncit??
XAM SLIM Program turun berat badan alami tanpa efek samping.

Leave a Reply

 
Posts Protect Plugin by http://blog.muffs.ru