Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

August 5th, 2013 by Wayan Tulus Leave a reply »
menurunkan kadar gula darah

menurunkan kadar gula darah

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi – Kemampuan kulit manggis mengontrol kadar gula darah karena kandungan flavonoid dan Xanthone-nya. Keduanya merupakan senyawa fenol sebagai antioksidan. Antioksidan yang melindungi dan mencegah kerusakan sel beta pankreas akibat radikal bebas. Sel itu akan mengalami regenerasi sehingga kembali dapat memproduksi insulin dan menurunkan kadar gula darah.

Pantas jika Sadiyah di Depok, Jawa Barat, bersandar pada kulit manggis untuk mengontrol kadar glukosa. Setelah mengonsumsi 30 ml jus manggis 2 kali sehari selama 23 hari, kadar gula darah setelah puasa dari semula 232 mg/dl turun menjadi 86 mg/dl. Agar kadar gula tidak terlalu rendah, ia lalu mengurangi dosis menjadi 30 ml dan dikonsumsi sekali sehari. “Hingga saat ini saya terus mengonsumsi dan tubuh tetap bugar,” ujarnya.

Khasiat kulit manggis menurunkan kadar gula darah itu tentu saja menjadi kabar gembira bagi dunia kesehatan di tanahair. Harap mafhum, saat ini jumlah penderita diabetes di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) jumlah penderita diabates di Indonesia pada 2000 mencapai 8,4-juta orang. Jumlah itu menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi ke-4 di dunia setelah India, China, dan Amerika Serikat, serta tertinggi di Asia Tenggara. WHO memprediksi jumlah itu bakal meningkat menjadi 21,3-juta pasien pada 2030.

Bukti ilmiah

Keandalan kulit manggis menurunkan gula darah dibuktikan secara ilmiah oleh Titin Nur Farida dari Fakultas Farmasi, Universitas Jember, Jawa Timur. Ia meneliti efek pemberian fraksi air kulit manggis pada 30 mencit yang menderita diabetes. Sebelum perlakuan mencit puasa makan selama 16 – 18 jam dan hanya diberi minum. Titin lantas menimbang bobot tubuh mencit dan mengukur kadar glukosa awal.

Setelah itu Titin memberikan aloksan monohidrat – pencetus kenaikan gula darah – dengan dosis 150 mg/kg bobot badan (BB). Kemudian mencit diberi makan dan minum seperti biasa. Setelah 3 hari kadar glukosa darah mencit diukur rata-rata lebih dari 176 mg/dl.

Titin selanjutnya membagi seluruh hewan percobaan itu ke dalam 6 kelompok. Kelompok I merupakan kelompok kontrol negatif. Pada kelompok itu mencit hanya diberi karboksimetil selulosa (CMC) Na 1%. Sementara kelompok II menjadi kontrol positif yang diberi asupan suspensi glibenklamid dengan dosis 1,3 mg/kg BB. Pada kelompok III – VI Titin memberikan asupan fraksi air kulit manggis sekali sehari dengan dosis masing-masing 125 mg/kg BB, 250 mg/kg BB, 500 mg/kg BB, dan 750 mg/kg BB.

Fraksi air kulit manggis itu Titin peroleh setelah mengekstrak kulit manggis. Caranya, bersihkan kulit manggis segar, lalu kering anginkan. Haluskan kulit manggis kering dengan blender sehingga menjadi serbuk. Selanjutnya rendam 1 kg serbuk kulit manggis dalam 5 liter etanol 96%. Aduk larutan lalu diamkan selama 24 jam. Setelah itu saring larutan untuk memisahkan ampas. Ulangi perendaman ampas hingga 3 kali agar seluruh senyawa aktif terlarut dalam etanol. Hasil saringan larutan (maserat) lalu dipekatkan menggunakan rotavapor pada temperatur 55oC hingga diperoleh ekstrak kental.

Ekstrak kental kulit manggis lalu difraksinasi menggunakan campuran pelarut n-heksan dan air. Hasil fraksinasi yang berupa fraksi air lalu difraksinasi lagi dengan campuran pelarut etil asetat sehingga menghasilkan fraksi kental air. Nah, fraksi itulah yang digunakan untuk menguji aktivitas antidiabetes.

Pada hari ke-7 dan hari ke-15 Titin mengukur kadar gula darah mencit. Hasilnya, kadar gula darah seluruh kelompok mencit yang diberi asupan fraksi air kulit manggis mengalami penurunan secara signifikan. Pada dosis 125 mg/kg BB, mampu menurunkan kadar gula darah mencit rata-rata 26,95%. Semakin tinggi dosis kadar gula darah semakin turun. Pada dosis 750 mg/kg BB penurunan kadar gula darah rata-rata 51,47%. Jumlah penurunan itu lebih tinggi ketimbang mencit yang diberi glibenklamid yang hanya turun rata-rata 42,19%.

(Simak cerita lainnya di Trubus edisi November 2011 yang bisa anda beli di toko buku terdekat.

Nah dari sekelumit cerita diatas maka tidak diragukan lagi bahwa kulit manggis bisa menurunkan kadar gula yang tinggi. Dan berita baiknya adalah saat ini sudah ada jus kulit manggis yang dikemas dalam botol yaitu XAMthone Plus produk asli Indonesia.

Inilah salah satu testimoni dari orang yang mengalami penurunan kadar gula darah tinggi setelah mengkonsumsi beberapa botos XAMthone Plus.

Dari pengalaman saya untuk menurunkan kadar gula darah agar lebih optimal dianjurkan untuk mengkombinasikan XAMthone Plus dengan Kapsul MGL Super dan Teh Murbei. Teh murbei diminum sebagai pengganti air minum setiap hari.

Untuk konsultasi dan informasi lebih lengkap tentang kombinasi produk untuk menurunkan gula darah bisa menghubungi Agen Xamthone Plus:

I WAYAN TULUS ARSANA
HP: 087861575969 (XL)
HP: 082146353335 (SIMPATI)
PIN BB: 27F3E7C6

Tags:

gula darah tinggi, batas normal gula darah, Cara menurunkan gula darah, obat gula darah tinggi, cara menurunkan kadar gula darah, menurunkan kadar gula darah, obat penurun gula darah, penyakit gula darah, menurunkan gula darah, cara mengurangi kadar gula darah

Comments

comments


Facebook Page

Advertisement

Obat Penyakit Jantung Koroner
Divonis pasang ring di jantung??
Inilah cara mengobati penyakit jantung koroner.

Cara Mengobati Penyakit Diabetes
Ternyata diabetes bisa diobati!!!
Baca kesaksian penderita diabetes yang sudah sembuh.

Pengobatan Herbal Kanker Payudara
Kanker payudara sembuh secara herbal.
Produk herbal untuk pengobatan kanker payudara.

Cara Menurunkan Berat Badan
Badan gemuk dan perut buncit??
XAM SLIM Program turun berat badan alami tanpa efek samping.

2 comments

  1. tuslim says:

    informasi harga dan pemesanan nya bagaimana pak,,??
    terimakasih.

  2. Tut Sugi says:

    Xamthone Plus memang ampuh tidak saja untuk menurunkan kadar gula tinggi tetapi juga bagus untuk menyembuhkan stroke, jantung, hepatitis dan kanker.

Leave a Reply

 
Posts Protect Plugin by http://blog.muffs.ru