Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

January 18th, 2014 by Wayan Tulus Leave a reply »
Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sering mendapat perhatian lebih seperti halnya jantung. Pasalnya, dari organ ini limbah yang tidak diperlukan oleh tubuh akan dibuang lewat ginjal melalui air seni. Dari ginjal pula, darah yang ada di dalam tubuh dibersihkan. Oleh sebab itu, saat seseorang mengalami gagal ginjal cenderung memiliki kondisi darah yang tidak segar. Pasien gagal ginjal memerlukan penanganan cuci darah (hemodialisa) agar kondisi tubuh tetap seimbang.

Dua organ kecil yang ada di bagian belakang rongga perut ini perlu selalu dijaga sejak dini. Dikutip dari Boldsky, berikut ini cara menjaga kesehatan ginjal:

  1. Hindari rokok. Racun rokok dapat melemahkan kemampuan ginjal. Awalnya racun akan memberikan lebih banyak faktor stres di bagian paru-paru. Namun dalam jangka panjang menjalar ke organ lain dan merusaknya, termasuk pada ginjal.
  2. Hindari alkohol. Alkohol dan rokok sama kompaknya untuk menghabisi fungsi ginjal. Minuman alkohol termasuk cairan yang cukup membebani kerja ginjal. Apabila pemenuhan alkohol terjadi terus-menerus bisa menimbulkan gagal ginjal.
  3. Berolahraga. Olahraga seperti joging, berjalan, dan berenang sangat baik untuk ginjal. Selain itu, olahraga turut membuat jantung lebih kuat. Sempatkan satu jam sehari untuk berolahraga atau banyak bergerak untuk membugarkan badan.
  4. Menjaga berat badan. Pada kondisi seseorang obesitas, kerja ginjal menjadi lebih berat. Seperti halnya manusia yang diforsir tenaganya, ginjal juga akan lemah jika setiap hari mesti bekerja melebihi beban seharusnya.
  5. Selalu menyukupi kebutuhan cairan tubuh. Minum air kurang lebih 2-3 liter setiap hari akan menjaga kesehatan ginjal. Ginjal menjadi bersih dari limbah. Namun perlu diingat, kekurangan atau kelebihan cairan juga tidak baik. Cukupi cairan dengan dosis yang seimbang.
  6. Jauhi makanan asin. Makanan seperti ini membuat darah menjadi lebih pekat. Garam memiliki sifat mengikat air. Oleh sebab itu, kelebihan garam seringkali menimbulkan hipertensi yang berujung pada makin beratnya beban kerja ginjal.
  7. Kendalikan stres. Efek dari stres merember kemana-mana. Stres berat akan memicu tingginya kolesterol hingga naiknya tekanan darah. Tekanan darah tinggi behubungan dengan kondisi pada ginjal. Dimungkinkan ada pembuluh darah yang pecah akibat hipertensi ini, termasuk di area ginjal

Pada orang dengan gangguan ginjal, biasanya jumlah urine yang dikeluarkan lebih sedikit dari biasanya. Namun untuk sebagian orang, gangguan ginjal tahap awal biasanya tidak menunjukkan gejala apa-apa. Gejala biasanya tak dapat dilihat secara kasat mata, dari warna, bau, dan jumlahnya, kecuali jika ada darah.

Untuk lebih jelas, gangguan ginjal memang harus dideteksi melalaui uji urine di laboratorium. Di laboratorium akan diperiksa apakah ada eritrosit dan leukosit dalam urine, juga kreatinin atau kotoran yang dapat dihilangkan oleh ginjal yang berfungsi dengan baik.

Selain urine, gejala pada gangguan ginjal juga bisa dideteksi dari fungsi ginjal lainnya yang terganggu, seperti dilansir Mayo Clinic:

1. Darah menjadi lebih asam
2. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
3. Hemoglobin (Hb) rendah
4. Kurang darah (anemia)
5. Mudah lelah
6. Tubuh sering terasa sakit, kram, tidak ada nafsu makan, susah tidur.
7. Penimbunan cairan seperti di kaki dan wajah yang terlihat seperti membengkak atau
8. Pengeringan cairan dengan mata cekung, mulut kering, hampir tidak ada lendir dalam mulut.

Rusaknya ginjal lebih sering diakibatkan karena ada penyakit kronik lain seperti diabetes, darah tinggi, infeksi ginjal, ginjal bawaan, dan batu ginjal.

Cara Mengatasi Masalah Pada Ginjal

Menurut ilmu kesehatan herbal polaritas lima unsur alam menyebutkan bahwa kalau orang yang ginjalnya masih sehat maka untuk menjaga kesehatan ginjal dengan banyak minum air. Tapi kalau ginjal sudah bermasalah maka pantangannya tidak boleh minum air. Pengobatan herbal yang dipake adalah kombinasi jus kulit manggis XAMthone Plus dan Teh Murbei. Aturan minum XAMthone Plus nya 3 kali sehari 30 ml dan Teh murbei sebagai pengganti air minum.

Untuk lebih jelas dalam mengatasi masalah penyakit ginjal bisa menghubungi:
WAYAN TULUS
HP: 087861575969 (XL)
HP: 082146353335 (SIMPATI)
PIN BB: 27F3E7C6




Advertisement

Obat Penyakit Jantung Koroner
Divonis pasang ring di jantung??
Inilah cara mengobati penyakit jantung koroner.

Cara Mengobati Penyakit Diabetes
Ternyata diabetes bisa diobati!!!
Baca kesaksian penderita diabetes yang sudah sembuh.

Pengobatan Herbal Kanker Payudara
Kanker payudara sembuh secara herbal.
Produk herbal untuk pengobatan kanker payudara.

Cara Menurunkan Berat Badan
Badan gemuk dan perut buncit??
XAM SLIM Program turun berat badan alami tanpa efek samping.

Leave a Reply

 

Posts Protect Plugin by http://blog.muffs.ru