Cara Meningkatkan Produksi ASI

September 18th, 2013 by Wayan Tulus Leave a reply »
gambar ibu menyusui

gambar ibu menyusui

Cara Meningkatkan Produksi ASI – Menyusui (breastfeeding) adalah pilihan yang sangat indah dan sehat untuk bayi, tapi kadang-kadang ibu ingin meningkatkan produksi ASI buat bayinya. Stres, penyakit, dan kelelahan akan bisa berdampak negatif terhadap produksi ASI saat ibu menyusui. Berikut adalah cara untuk meningkatkan produksi ASI:

1. Menyusui bayi Anda lebih sering. Biarkan bayi Anda mendapatkan ASI selama ia inginkan. Jika bayi Anda biasanya menyusui enam kali setiap hari, tambahlah menjadi tujuh atau delapan kali. Ketika Anda membiarkan bayi menyusui lebih sering, tubuh Anda akan menerima respon untuk menghasilkan lebih banyak susu.

2. Menyusui dengan kedua payudara setiap menyusui. Pastikan bayi anda untuk menyusu pada payudara pertama selama mungkin, sampai ia memperlambat atau berhenti mengisap, kemudian, tawarkan payudara kedua. Periksa bahwa bibir bayi Anda menempel dengan benar dan harus berada di bagian areola payudara Anda dan juga di luar puting.

3. Gunakan pompa payudara di antara waktu menyusui. Ketika bayi Anda tidur atau baru saja selesai makan, gunakan pompa payudara sekitar lima sampai 10 menit di setiap payudara untuk memberikan stimulasi ekstra dan meningkatkan produksi ASI. Jangan berkecil hati jika Anda tidak menghasilkan susu banyak selama pemompaan, karena tujuannya adalah stimulasi.

4. Melakukan diet yang benar  untuk kebutuhan gizi agar bisa terpenuhi. Seorang ibu menyusui membutuhan lebih dari 2.000 kalori per hari, atau 300-500 kalori di atas diet pra-kehamilan. Menghindari junk food, dan makan makanan berprotein tinggi akan membantu meningkatkan produksi ASI. Lanjutkan dengan vitamin kehamilan, atau vitamin dibuat untuk ibu menyusui.

5. Minum banyak air! Seorang ibu yang menyusui harus mengkonsumsi sekitar 3 liter air per hari. Mungkin terdengar seperti banyak, tapi ibu menyusui pasti akan selalu merasa haus.  Jumlah air yang tepat akan membantu meningkatkan produksi ASI.

6. Menggunakan suplement herbal dapat menjadi cara yang paling ampuh untuk meningkatkan produksi ASI.

7. Jika ibu menyusui telah mencoba semua dan masih perlu untuk meningkatkan suplai ASI, berbicara dengan dokter. Ada resep tersedia yang memiliki efek untuk meningkatkan produksi ASI.

Oleh: Wayan Tulus

Bagi ibu-ibu yang mempunyai anak yang susah makan bisa lihat tips nya di >> Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Tags:

cara memperbanyak asi, cara memperbanyak produksi asi, cara meningkatkan produksi ASI, meningkatkan produksi asi, tips memperbanyak ASi, Upaya Memperbanyak ASI, memperbanyak produksi asi, cara memperbanyak air susu ibu, cara memperbanyak asi ibu, cara ibu menyusui

Comments

comments




Advertisement

Obat Penyakit Jantung Koroner
Divonis pasang ring di jantung??
Inilah cara mengobati penyakit jantung koroner.

Cara Mengobati Penyakit Diabetes
Ternyata diabetes bisa diobati!!!
Baca kesaksian penderita diabetes yang sudah sembuh.

Pengobatan Herbal Kanker Payudara
Kanker payudara sembuh secara herbal.
Produk herbal untuk pengobatan kanker payudara.

Cara Menurunkan Berat Badan
Badan gemuk dan perut buncit??
XAM SLIM Program turun berat badan alami tanpa efek samping.

Leave a Reply

 
Posts Protect Plugin by http://blog.muffs.ru