Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB)

January 6th, 2016 by Wayan Tulus Leave a reply »
susah buang air besar

susah buang air besar

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar – Bisa buang air besar atau BAB tiap pagi hari adalah sehat karena bila buang air besar anda tidak lancar itu menjadi pertanyaan, dan pastinya pencernaan anda mengalami gangguan, banyak orang yang mengalami sembelit alias susah buang air besar dengan lancar.

Pada umumnya, penyebab susah buang air besar atau disebut juga sembelit adalah jarang makan serat dan kurang banyak minum air putih. Oleh karenanya, sembelit banyak dialami orang-orang yang jarang makan sayur dan buah padahal sering makan daging-dagingan.

Bagi orang Indonesia, penyebab susah buang air besar juga mencakup hal-hal berikut ini seperti dirangkum detikHealth.

1. Stres

Faktor psikologis bisa mempengaruhi fungsi sistem sarah secara keseluruhan. Misalnya pada orang stres, saraf-saraf pencernaan bisa terganggu sehingga gerak peristaltik usus tidak berfungsi dengan normal dan akibatnya adalah susah buang air besar.

Jika bukan dipicu oleh sebab lain, maka sembelit karena stres tidak perlu diatasi dengan obat melainkan cukup dengan menghindiri stres. Berlebihan pakai obat justru bisa menyebabkan usus malas karena ketergantungan.

2. Tidak kerasan tinggal di satu tempat

Salah satu mitos mengatakan, tandanya orang kerasan atau betah tinggal di suatu tempat adalah langsung lancar buang air besar di beberapa hari pertama. Kalau susah keluar, itu tandanya tidak kerasan atau merasa tidak nyaman dengan lingkungan barunya.

Meski cuma mitos, kecenderungan ini sering terbukti benar karena memang berhubungan dengan poin sebelumnya yakni stres. Rasa tidak nyaman di sebuah lingkungan baru merupakan salah satu bentuk stres kejiwaan yang bisa memicu sembelit.

3. Salah makan

Beberapa jenis makanan bisa memicu susah buang air besar jika dikonsumsi berlebihan. Berbagai jenis makanan olahan atau kalengan, goreng-gorengan serta daging merah termasuk jenis makanan yang membuat buang ati besar tidak lancar.

Selain itu, kafein juga bisa menyebabkan dehidrasi yang pada akhirnya memicu sembelit. Karena itu, hindari kopi dan teh yang terlalu banyak.

4. Suka menahan BAB

Sering mengabaikan sinyal-sinyal rasa mulas berarti mengabaikan hasrat naluriah untuk buang air besar. Lama-kelamaan, sinyal itu akan meredup dan siklus alamiah untuk buang air besar jadi terganggu, sehingga butuh rangsangan dari luar untuk membantu melancarkannya lagi. Banyak alasan orang menahan hasrat buang air besar, misalnya karena terlalu sibuk atau karena tidka menemukan tempat yang tepat untuk melaksanakan hajat besarnya.

5. Kurang makan serat dan jarang minum air

Sinyal untuk buang air besar berupa rasa mulas muncul ketika perut terasa penuh, sementara konsistensi atau wujud tinja tidak terlalu keras. Sensasi rasa penuh di perut bisa didapat dari makanan berserat, misalnya sayur dan buah, sedangkan kekerasan tinja tergantung dari asupan cairan. Jika ingin biar buang air besar selalu lancar, biasakan untuk minum tidak kurang dari 8 gelas perhari dan seimbangkan nutrisi dengan makanan kaya serat.

Berikut adalah cara mengatasi susah buang air besar tanpa obat pencahar, seperti dilansir Lifemojo.

1. Minum banyak air

Anda disarankan untuk minum minimal 8 gelas air per hari. Selain mencegah sembelit, air dapat mengeluarkan racun dari tubuh.

2. Hindari makanan olahan

Makanan olahan mengandung sedikit serat yang dibutuhkan tubuh. Ingat, kekurangan serat menyebabkan susah buang air besar lho. Maka, sebaiknya perbanyak makan buah-buahan dan sayuran segar.

3. Jangan makanan berat di malam hari

Ngemil di malam hari sih boleh, asal tidak kebablasan. Tubuh hanya memiliki sedikit waktu untuk mencerna makanan di malam hari. Akibatnya, makanan tidak dicerna dengan baik dan menyebabkan susah buang air besar deh.

4. Pola makan yang teratur

Pola makan yang berantakan bisa menimbulkan masalah pencernaan, terutama sembelit. Makanlah saat lapar dan berhentilah sebelum kenyang.

6. Kurangi obat-obatan kimia

Obat-obatan berbahan kimia sering kali memiliki efek samping seperti sembelit atau konstipasi. Jadi, jangan terlalu sering mengonsumsi obat-obatan kimia. Anda mungkin bisa beralih ke produk herbal yang lebih sehat.

Masalah sembelit bisa memicu munculnya kanker usus besar, apabila tidak ditangani dengan baik. Untuk menangkal sembelit, lakukan olahraga secara rutin dan konsumsi makanan berserat tinggi.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Secara Herbal Alami

MADU CERNA B2

MADU CERNA B2

Disini saya ada cara mengatasi  susah buang air besar secara herbal alami dengan salah satu produk PT UFO BKB Syariah yaitu Madu Cerna B2. Madu Cerna adalah kombinasi madu liar pilihan dan Royal Jelly yg kaya akan ENZIM sehingga sangat bagus untuk masalah pencernaan. Madu cerna sangat beda dengan madu biasa. Madu cerna ini khusus menyembuhkan segala jenis penyakit yang terkait dengan masalah pencernaan.

Adapun beberapa manfaat Madu Cerna membantu menyembuhkan :
1. Asam Lambung tinggi
2. Maag Kronis
3. Tukak / Luka Lambung
4. Penyakit GERD mengalirnya asam lambung ke kerongkongan
5. Heartburn sensasi terbakar dan makanan spt penuh di dada.
6. Mual dan muntah
7. Radang usus besar
8. Susah buang air besar
9. Ambeien
10. Diare
11. Typus & demam berdarah
12. Panas dalam & demam
13. Gangguan hepatitis
14. Mencegah kanker usus
15. Radang usus buntu & empedu
16. Terapi detoks usus besar
17. Perut Kembung

CARA KONSUMSI :

Campur tiga (3) sendok makan Madu Cerna dengan 1/2 – 1 gelas air hangat hangat
1. Untuk penyembuhan secara umum minum 3x sehari sebelum makan.
2. Untuk penyembuhan penyakit kronis , konsumsi setiap 3 jam sekali

Madu Cerna sudah terdaftar di Badan POM dengan nomor:
POM TR No. 063 655 681

Info dan pemesanan silahkan hubungi Agen Madu Cerna:
WAYAN TULUS
Invite Pin BB: 57D4D575
WatsApp: 082146353335
Telp/SMS: 087861575969




Advertisement

Obat Penyakit Jantung Koroner
Divonis pasang ring di jantung??
Inilah cara mengobati penyakit jantung koroner.

Cara Mengobati Penyakit Diabetes
Ternyata diabetes bisa diobati!!!
Baca kesaksian penderita diabetes yang sudah sembuh.

Pengobatan Herbal Kanker Payudara
Kanker payudara sembuh secara herbal.
Produk herbal untuk pengobatan kanker payudara.

Cara Menurunkan Berat Badan
Badan gemuk dan perut buncit??
XAM SLIM Program turun berat badan alami tanpa efek samping.

Leave a Reply

 

Posts Protect Plugin by http://blog.muffs.ru